Sukmariah, dari Jualan Keliling Hingga Jadi Tokoh Inspiratif

Puisimu – Sukmariah adalah salah satu wanita sederhana yang patut Anda acungkan jempol untuk segala hal yang telah dilakukannya pada masyarakat. Meski harus memulai semua yang ia dapatkan kini dengan titik paling rendah, kini ia berhasil bangkit dan menginspirasi banyak orang. Tentu saja, kini ia berhak atas asuransi wakaf dari Allianz.

asuransi wakaf

Tetap Melanjutkan Pendidikan di Tengah Lingkungan yang Tak Mementingkan Pendidikan

Sukmariah lahir di lingkungan yang tak terlalu mementingkan pendidikan. Di lingkungannya, wanita tak perlu menempuh pendidikan tinggi. Namun, Sukmariah nekat melanjutkan pendidikan formalnya hingga ke jenjang sarjana. Meski harus menumpang pada salah satu keluarganya, ia akhirnya berhasil menyelesaikan pendidikan meski penuh keprihatianan.

Beliau kuliah di perguruan tinggi swasta dengan jurusan ekonomi. Selepas kuliah, ia kembali ke kampung halaman di Tangerang dan menjadi seorang guru. Namun, hanya berjalan dua tahun, ia akhirnya hengkang dan memilih jalan hidup yang selama ini ia citakan, menjadi pengusaha.

Memulai dari Jualan Keliling

Meski hasratnya untuk menjadi seorang pengusaha sangat besar, namun apa daya modal yang dimiliki tak mencukupi. Pada akhirnya, Sukmariah hanya bisa berjualan keliling. Pantang baginya untuk meminta bantuan keluarga dan menyalahkan suaminya yang sudah dinikahi beberapa tahun itu.

Pada akhirnya, ia menjual barang secara keliling dari satu pasar ke pasar atau ke keramaian. Anaknya yang masih kecil pun dibawa saat itu. Pada tahun 2007, sang suami akhirnya memutuskan untuk resign dari pekerjaannya. Ia banting setir menjadi pedagang. Akhirnya, bersama suami Sumariah terus bertahan dan menggapai mimpi sebagai pengusaha.

Kehidupannya dimulai dari paling susah namun ia tak menyerah. Berbagai usaha telah dilaluinya dan pada akhirnya ia mendapatkan tawaran untuk memproduksi makanan ringan dari bahan baku singkong. Dengan menggunakan gerobak dorong. Sukmariah akhirnya berjualan dan mencari tempat strategis untuk mangkal.

Dari sanalah usahanya berkembang. Dari mulai satu gerobak hingga gerobak berikutnya. Usahanya terus berjalan maju dan ia bahkan bisa mereksut cukup banyak karyawan, termasuk saudara dan keluarganya. Namun, usaha itu juga tak berjalan lama karena pada akhirnya satu persatu lapak harus tutup.

Namun, wanita sederhana itu tak pernah kapok. Sukmariah yang sejak awal memang memiliki keahlian menjahit membuka usaha konveksi kecil-kecilan dan barang yang dibuatnya bisa diterima di pasaran. Ketika usaha konveksinya mulai mendapatkan pasar dan ia pun bertemu dengan banyak pedagang lain yang ternyata punya nasib sama dengannya.

Punya modal yang pas-pasan dan sulit mendapatkan pinjaman. Meskipun ada, bunganya sangat tinggi. Dari sinilah Sukmariah mencoba membuka koperasi bersama beberapa orang pada tahun 2009 dengan nama Koperasi Mitra Mandiri Sejahtera atau Mitra Mas yang jadi pembantu untuk para pedagang di sekitarnya.

Tak hanya sampai di situ saja, ia pun akhirnya juga berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah hingga ke Kementrian Sosial untuk mengembangkan berbagai program kelompo usaha bersama. Hingga akhirnya terbentuklah KUBE yang khusus dibuat untuk memfaslitasi fakir miskin untuk mendapatkan usaha pemberdayaan.

Maka, tak heranlah bahwa Sukmariah pantas untuk mendapatkan asuransi jenis wakaf dari Allianz. Dari tokoh yang sederhana, ia berhasil jadi inspirasi banyak orang. Asuransi ini sendiri adalah perlindungan yang diberikan pada penerima berupa asuransi jiwa, asuransi penyakit kritis dan beberapa asuransi lainnya.

Produk ini sendiri merupakan bagian dari asuansi Unit Link Allisya Protection Plus yang bisa memberikan Anda ketenanangan disertai dengan awal yang berkah dengan tujuan untuk kepentingan masyarakat serta mendapatkan pahala yang tak terputus. Oleh sebab itu, sosok Sukmariah sangat pantas untuk dapat asuransi wakaf Allianz ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *