Resep Sop Buntut

Puisimu – Dari banyaknya menu makanan di Indonesia, Sop merupakan menu yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Terlebih menu Sop Buntut. Selain resep sop buntut yang bisa Anda temukan dimana mana saat ini. Bikin sop buntuk juga terlihat muda, bukan hanya sekedar merebus buntut sapi naum ada beberapa trik upaya sop buntut buatan kita enak, seenak buatan restoran.

Untuk kamu yang pernah menonton fil Aruna & Lidahnya yang menampilkan sepanci sop buntut yang pastinya bikin ngiler. Seperti keyakinan dari Aruna sendiri, bahawa memasak merupakan proses membuat sop buntuk yang enak ada juga trik lainnya, Sop buntut buatan Kamu tak segurih dan sewangi di restoran?

Daripada kamu ngiler serta penasaran, terus ngeluarin budget yang banyak, leboh bauk mencoba bikin sendiri. Membuat sop buntut rampang, asalkan Kamu perhatikan beberapa hal ini.

resep sop buntut

1. Buntut Sapi

 Buntut sapi ukuran nya tidak selalu sama besar mengikuti bentuk ekor sapi. Pangkalnya besar dengan tulang yang lebih banyak, kemudian bagian tengah berdaging dan ujungnya hanya tulang saja. Kalau membeli di pasar swalayan pilihlah buntut bagian tengah yang ukruannya sama dan cukup berdaging. Pilih yang tidak terlalu tebal lemaknya. Jika lemaknya tebal, bisa dipotong ataupun dikikis sebelum direbus.

2. Merebus Buntut

 Pertma didihkan air secukupnya di dalam panci besar dnegan api yang sedang, pastikan air cukup banyak untuk merendam buntut. Setelah mendidih, masukan potongan buntut sapi dan kecilkan apo. Setelah mendididh, buang air perbusannya dang anti dnegan air panas hingga merendam buntut. Rebus dengan api kecil hingga buih halis keluar dari kaldu, Angkat buih ini sampai kaldu bening, Lanjutkan merebus tetap dengan api yang kecil.

3. Tiga Jenis Bawang

Untuk membuat aroma sop buntut menjadi harum, siapkan bawang Bombay yang diiris kasar, bawang putih yang dimemarkan dan daun bawnag yang diiris kasar. Panaskan mentega, bukan margarin ya. Secukupnya lalu tumis bawang bombau dan bawnag putih sampai wangi dan layu.

Setelah itu angkat lalu masukan ke dalam rebusan buntuk berikut menteganya. Jangan terlau banyak memakai mentega karena akan membuat sop akan kebanyakan minyaknya, Sisihkan daun bawang untuk dimasukan terakhis saat sop sudah matang.

4. Bumbu

Setelah daging buntut hampir empuk, bumbui dnegan garam, merica bubuk dan juga pala bubuk. Jika bisa gunakan biji pala yang diparut saat akan dimasukan ke dalam sop agar aromanya lebih wangi. Beberapa orang menambahkan cengkih, jika tidak suka aroma cengkih. Tidak perlu dipakai. Rebus dnegan api kecil sampai bumbu benar-benar meresap.

5. Sayuran

Isian sop butnut busa ditambahkan sayuran. Seperti wortel, kentang dan juga tomat. Untuk wortel dan kentang bisa dimasulan setelah daging buntut lunak dan juga rebus hingga lunak. Untuk tomat dan juga daun bawang, masukan saat smuanya sudah matang supaya tomat tidak terlalu lembek dan tetap renyah pada saat dimakan.

6. Daging buntut yang empuk

Bagaiamana cara untuk mengetahui buntut yang lunak. Seperti yang dikatakan Aruna, daginya mudah terlepas dari tulangnya, Dan jika dipotong dnegan sendok terasa lunak, Untuk variasi, bisa saja buntut digorenga taupun dibakar disertai kaldu yang dipisahkan, disajikan dengan keadaan panas, serta nasi dengan taburan bawang goreng. Ditambah perasan jeruk nipis dan juga sambal cari cabe rawit atau kecap sesuai selera.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *