Punya Benjolan di Payudara? Ini yang Harus Dilakukan!

Puisimu – Deteksi sejak dini kanker payudara dengan pemeriksaan yang rutin. Adanya benjolan tidak selalu merupakan gejala kanker. Anda harus memastikan terlebih dahulu benjolan tersebut, apakah gans atau jinak. Dan jika Anda menemukan benjolan di payudara, jangan panik dan lakukan hal-hal berikut.

benjolan di payudara

1. Cek Kembali Payudara Anda

Jangan panik dan langsung khawatir saat Anda menemukan benjolan di sekitar payudara. Bisa jadi Anda salah saat merasakan. Untuk itu, cek kembali payudara Anda dengan cara meraba semua bagian payudara, baik sisi kiri maupun kanan.

Anda bisa melakukan pengecekan sendiri di rumah, berbaringlah di ranjang dengan kedua tangan diarahkan ke atas. Lalu raba payudara dengan satu tangan untuk memastikan lagi apakah ada benjolan keras di dalam payudara atau tidak. Jika Anda ingin hasil yang valid, Anda bisa melakukan pemeriksaan ini sesudah menstruasi atau jauh sebelum menstruasi.

2. Periksa Kembali Kalender Menstruasi

Adanya benjolan bukan berarti Anda terkena kanker payudara, jadi Anda jangan cepat membuat kesimpulan pribadi bahwa benjolan itu adalah benjolan kanker. Cek kalender menstruasi Anda terlebih dahulu, karena munculnya benjolan tersebut bisa jadi hanya karena Anda akan mengalami menstruasi.

3. Konsultasi ke Dokter

Apabila Anda masih resah dan tidak nyaman dengan benjolan di payudara Anda meski telah melakukan beberapa hal di atas, maka akan lebih baik jika Anda konsultasi ke dokter untuk memastikan dan mendapatkan hasil yang valid atas apa yang terjadi sebenarnya pada Anda.

Semakin cepat Anda pergi konsultasi, maka semakin cepat pula penanganan akan dilakukan pada diri Anda, karena dokter pasti akan segera mencari tahu apa yang terjadi pada tubuh Anda. Dengan demikian, setidaknya resiko terburuk yang akan terjadi bisa sedikit berkurang.

Pilihlah dokter wanita jika anda merasa sungkan atau malu berkonsultasi saat dokter yang menangani adalah laki-laki. Ini sangat penting agar Anda bisa dengan nyaman berkonsultasi. Mungkin nanti dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan perihal riwayat kesehatan Anda.

Dokter juga akan memeriksa secara langsung payudara Anda untuk merasakan benjolan atau perubahan yang lain pada jaringan payudara dan jaringan di bawah lengan. Itulah mengapa sangat penting untuk Anda memilih dokter wanita. Apabila dari puting susu Anda keluar cairan, dokter akan mengumpulkan itu sebagai sampel dan memeriksa sel kanker.

Hal lain yang dilakukan dokter adalah mammogram atau ultrasound guna melihat apakah benjolan tersebut padat atau justru penuh cairan. Dokter akan mempertimbangkan apakah perlu untuk melakukan biopsi. Benjolan juga akan diambil sedikit dengan jarum atau berupa potongan kecil yang digunakan untuk sampel dan mengirimnya ke laboratorium.

Setelah melakukan 3 hal di atas, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir dan takut dengan benjolan di payudara yang tiba-tiba muncul. Terlebih jika Anda sudah konsultasi ke dokter maka Anda akan mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat. Kalau pun itu adalah gejala kanker, maka dokter akan dengan sigap menanganinya. Jadi, Anda harus tetap tenang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *