Jawaban Lengkap, Kapan Oli Transmisi Mesti Diganti?

Puisimu – Kapan oli transmisi mesti diganti? Apa hal itu yang ada dibenak anda yang masih pemula dalam memiliki kendaraan. Waktu yang tepat untuk mengganti oli tidak terlepas dari kondisi yang tidak normal. Anda harus lebih peka dengan keadaan kendaraan.

Jangan-jangan anda tidak tahu apa itu oli transmisi? Pelumas yang satu ini terdapat pada kendaraan metic. Fungsinya tidak hanya mendukung oli mesin. Oli gardan juga membantu memperkuat sistem kerja bagian-bagian mesin tertentu, agar bekerja lebih maksimal.

Kapan Oli Transmisi Mesti Diganti?

Simak lima kondisi kapan oli transmisi mesti diganti

Patokan untuk mengganti oli transmisi kendaraan metic tidak hanya satu. Namun, cukup bervariasi. Simak cara mengetahuinya berikut ini:

1. Warna Oli Hitam Pekat Dan Kental

Tanda yang paling mendasar bisa terlihat dari warna oli transmisi. Sama halnya dengan oli mesin, oli transmisi memiliki peran yang sangat penting dalam menyumbang kinerja komponen mesin agar tetap terjaga.

Anda bisa memperhatikan warna awal dari pemberian oli transmisi ke dalam salurannya. Hitam namun agak bening seperti minyak merupakan warna dasar dari oli ini. Lakukan pengecekan apabila ada bau seperti terbakar dan warna oli pasti akan hitam pekat juga.

2. Suara Berat Dari Mesin Kendaraan

Menghidupkan mesin pertama kali, suaranya pasti sudah terdengar berat. Pendengaran anda pasti sakit jika terlalu lama mendengar suara kebisingan dari kendaraan. Suara jelek dari kendaraan akan terus terdengar selama oli transmisi belum diganti.

Pencegahan terhadap suara berat pada kendaraan bisa dilakukan sedini mungkin. Anda bisa harus rajin mengantinya secara rutin. Jika sudah terlanjur suaranya berat, maka yang perlu dilakukan adalah jangan membiarkannya terlalu lama, langsung ganti setelah ada gemuruh.

3. Kendala Macet Saat Memindahkan Gigi Kendaraan

Anda pasti merasa jengkel saat mendapati kendaraan yang memiliki gigi macet. Saat mencoba untuk mengganti gigi seringkali terjadi kendala seperti alatnya yang terasa berat dan keras. Hal itu sudah menandakan bahwa oli transmisi harus diganti.

Biasanya saat gigi kendaraan macet memerlukan waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya. Ada baiknya anda sudah mempertimbangkan hal itu dari awal memiliki kendaraan. Anda pasti akan lebih rajin untuk mengganti oli kendaraan.

4. kendaraan Bergetar Tidak Normal

Pernah mengalami getaran di dalam mobil. Memang saat berada di jalan yang jelek, pasti kendaraan akan bergetar. Namun, saat berada di jalan mulus kendaraan sudah memperlihatkan bahwa ada masalah dengan oli.

Oli transmisi ini tidak boleh dinomor duakan jika anda ingin merasa nyaman dan aman di dalam kendaraan pribadi. Kandungan yang terdapat di dalam oli mampu membuat terhindar dari segala macam hal yang tidak diinginkan.

5. Jarak Tempuh kendaraan Melebihi Batas Seharusnya

Anda bisa mengukur waktu mengganti oli dengan jarak tempuh yang dilalui oleh kendaraan. Jarak tempuh sudah mencapai angka 20.000-40.000 sudah harus diganti. Jika tidak diganti, akan ada resiko buruk yang diterima pemiliknya.

Resiko yang ditimbulkan dari mengabaikan kendaraan yang tidak diganti olinya sangatlah fatal. Mobil atau motor anda tidak akan berumur panjang dan bisa menyebabkan kecelakaan akibat mesin yang tidak berfungsi dengan baik.

Kapan oli transmisi mesti diganti? Sudah terjawab dengan memperhatikan keadaan yang anda rasakan. Kerusakan yang fatal bisa saja terjadi jika anda malas mengganti oli transmisi. Gantilah oli transmisi dengan waktu dan cara yang tepat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *