5 Manfaat E-Commerce B2B Indonesia

Puisimu – E-commerce B2B Indonesia merupakan jenis e-commerce yang terjalin antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lan. E-commerce B2B hadir untuk mempertemukan perusahaan yang akan memberikan suplay dengan perusahaan yang membutuhkan suplay. Jenis e-commerce ini mungkin sebelumnya tidak dikenal luas namun kini semakin populer di kalangan masyarakat.

Kita tahu bahwa di jaman sekarang ini, teknologi sudah semakin canggih. Aktivitas jual beli online sudah semakin marak terjadi di masyarakat. E-commerce bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi yang terus terjadi. E-commerce itu sendiri merupakan aktivitas jual beli baik barang maupun jasa yang terjadi melalui jaringan elektronik atau secara online.

Seiring dengan perkembangan teknologi, jenis-jenis e-commerce pun semakin beragam. Selain e-commerce B2B atau business to business, ada juga B2C atau business to consumer, ada juga C2C consumer to consumer, dan masih ada lagi jenis-jenis e-commerce lainnya yang ada di masyarakat saat ini.

Manfaat E-Commerce B2B

Kemunculan e-commerce B2B Indonesia memberikan banyak manfaat bagi kita semua. Kemunculan e-commerce itu sendiri sudah memberikan banyak keuntungan. Kita bisa lebih mudah melakukan jual beli secara online berkat adanya fasilitas e-commerce. E-commerce juga membuka peluang usaha bagi calon pebisnis yang ada di luar sana.

Bagi anda yang masih penasaran dengan e-commerce B2B, berikut adalah 5 manfaat yang diberikan oleh jenis e-commerce antar perusahaan ini :

1. Hemat Biaya

Dengan adanya e-commerce B2B, perusahaan bisa lebih hemat biaya. Jenis e-commerce ini bisa meminimalkan pemakaian kertas dan biaya administrasi karena semuanya dilakukan melalui jaringan elektronik atau melalui jaringan internet secara online.

2. Meminimalkan Human Error

E-commerce B2B bisa meminimalkan terjadinya kesalahan manusia atau kesalahan manual. Semua aktivitas transaksi bisa tercatat dengan lebih baik dan teratur karena sudah terhubung dengan jaringan elektronik. Baik waktu maupun jumlah transaksi bisa tercatat dengan sistematis dan bisa dipastikan minim kesalahan sehingga akan memudahkan kedua perusahaan.

3. Lebih Fleksibel

Jual beli antar perusahaan bisa terjadi lebih fleksibel berkat adanya e-commerce B2B. Karena dihubungkan melalui jaringan elektronik atau secara online, maka kedua perusahaan bisa berhubungan dan bertransaksi dengan lebih fleksibel baik dari segi waktu, tenaga maupun, biaya.

4. Hemat Waktu

Kita tahu bahwa fasilitas e-commerce yang tersedia saat ini bisa membuat kita lebih hemat waktu ketika melakukan transaksi. Begitu juga dengan jenis e-commerce B2B. Kedua perusahaan bisa memenuhi kebutuhan mereka tanpa harus membuang banyak waktu.

5. Meningkatkan Produktivitas

Kehadiran e-commerce B2B ternyata juga bisa membantu meningkatkan produktivitas perusahaan. Karena lebih fleksibel dari segi waktu dan tenaga, maka perusahaan menjadi lebih produktif. Selain itu, suplay barang atau jasa yang dibutuhkan juga bisa terpenuhi dengan baik sehingga akan meningkatkan produktivitas.

Itulah tadi 5 manfaat yang diberikan oleh e-commerce B2B. Kehadiran e-commerce memang dinilai membuat kita lebih dimudahkan dan diuntungkan. E-commerce membuat aktivitas jual beli menjadi lebih mudah dan memungkinkan siapa saja bisa menyediakan produk maupun membeli produk dari mana saja dan kapan saja. Hal ini berlaku untuk jenis e-commerce apapun termasuk e-commerce B2B.

E-commerce B2B pada awalnya tidak terlalu populer di Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, e-commerce B2B kini sudah populer di kalangan masyarakat. E-commerce B2B semakin memberikan manfaat dan keuntungan bagi perusahaan dan masyarakat. Salah satu contoh e-commerce B2B Indonesia adalah Blibli.com dengan penawaran terbaiknya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *