Kuliner Kaki Lima Khas Indonesia Yang Mulai Go Internasional

Puisimu – Tak hanya populer di dalam negeri, beberapa kuliner dan jajanan khas Indonesia ini ternyata juga bisa dijumpai di beberapa negara lain. Bahkan di antaranya adalah jajanan khas yang biasa dijual di kaki lima.

Yup, makanan yang biasa dijual di pinggir jalan itu memang nggak kalah lezat dari resto. Nah, berikut brilio.net rangkum, aneka jajanan Indonesia yang biasa dijajakan di kaki lima kini naik kelas hingga mancanegara.

1. Batagor

Bakso tahu goreng atau yang kerap disingkat batagor, merupakan makanan asal Bandung yang telah mendunia. Padahal, makanan yang terbuat dari tahu diisi dengan adonan ikan tengiri ini biasa dijajakan di pinggir jalan dengan gerobak sederhana. Usaha batagor ‘Yoel’s’ di Kota Cimahi salah satunya. Produknya sudah diimpor sampai ke Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Taiwan, Qatar, Australia, dan Kanada.

Ketenaran penganan ini membuat salah satu resto Indonesia di kota Seattle, Amerika Serikat, juga menjual penganan ini. Menu batagor lezat juga sudah hadir di restoran Nusantara, Berlin, Jerman. Di New York, sebuah resto bernama Bali Nusa Indah juga menyajikan menu batagor.

2. Penyetan

Di mana pun, menu satu ini selalu menjadi primadona. Terutama olahan ayam penyet. Mulai dari anak kuliahan hingga pekerja kantoran menyukainya. Makanan yang harganya cukup terjangkau ini rasanya bertambah lezat ketika dipadukan dengan sambal yang pedas. Enggak cuma jadi favorit orang Indonesia, penyetan juga sudah sampai mancanegara lho. Sebut saja, Ayam Penyet Ria yang sudah bertumbuh pesat di beberapa daerah di Indonesia dan mancanegara seperti Singapura, Malaysia, Australia dan Hongkong. Ada juga D’Penyetsz yang sudah mempunyai outlet di Malaysia, Brunei, dan Myanmar.

3. Kue pancong

Kue buroncong atau pancong, penganan khas Bugis-Makassar diserbu warga yang memadati area Car Free Day (CFD) di Pantai Losari, Makassar. (Liputan6.com/Ahmad Yusran)

Kue yang terbuat dari santan, tepung beras, kelapa ini termasuk kudapan khas nusantara yang mulai susah ditemukan. Penjualnya semakin terbatas. Padahal, rasa gurih asin dari parutan kelapa ditambah taburan gula pasir di atas kue ini bisa membuat orang ketagihan. Eits, kendati di Indonesia mulai jarang dilirik, kue khas Betawi ini rupanya populer di New York, Amerika Serikat lho. Adalah Nigel Sielegar, seorang pemuda Indonesia yang tinggal di New York yang memopulerkannya.

Dengan label Moon Man, Nigel menjual kue ini di acara festival maupun di gerai. Kue pancong Moon Man bahkan masuk ke daftar 100 makanan dan minuman terbaik di New York tahun 2017. Selain masuk daftar 100 makanan terbaik, kue pancong karya Nigel juga menjadi finalis Vandy Award 2017, kategori makanan pencuci mulut terbaik.

4. Sate

Siapa yang tak tahu sate? Bahkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengaku sangat menyukai olahan daging yang disusun dalam tusukan lidi ini. Menurut sejarah, pada akhir abad ke-19, sate telah menyeberangi selat Malaka menuju Malaysia, Singapura, dan Thailand, dibawa oleh perantau Jawa dan Madura yang mulai berdagang sate di negera tersebut. Bahkan sate ayam atau sate babi merupakan salah satu menu yang disajikan dalam hidangan Rijsttafel di Belanda.

Enggak heran, dalam jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN pada pada tahun 2011 lalu, sate mendapat peringkat ke-14 sebagai makanan favorit dalam World’s 50 most delicious foods. Di Indonesia sendiri, jenis sate beraneka ragam. Sebut saja sate padang, sate kambing, sate klatak, sate lilit, sate kelinci, sate Ponorogo, sate buntel, dan masih banyak yang lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *