Ini 2 Teknik Mengejan Saat Melakukan Persalinan Normal

Puisimu – Setiap orang menginginkan bisa melakukan persalinan normal sehingga untuk itu Anda harus mempersiapkan diri agar dapat menghadapinya. Konsumsi gizi yang cukup merupakan langkah untuk mendapatkan stamina yang kuat untuk menghadapi persalinan normal. Dalam melakukan persalinan normal Anda akan diminta untuk mengejan. Ini 2 teknik yang biasa dilakukan.

1. Teknik Dorongan

Teknik mengejan yang dilakukan dengan cara mengejan yang diarahkan oleh tenaga medis yaitu perawat atau pun bidan. Teknik mengejan dengan dorongan ini merupakan teknik yang paling utama untuk dilakukan dalam persalinan normal.

Anda akan diminta untuk beristirahat beberapa menit hingga satu jam pada persalinan tahap pertama. Anda akan mulai diarahkan untuk mengejan setelah jalan lahirnya bayi atau serviks Anda melebar hingga 10 centimeter. Ini menandakan persalinan tahap ke dua sudah bisa dimulai.

Istirahat akan ditiadakan jika Anda dapat melakukannya langsung dan memiliki kemampuan mengejan lebih cepat. Bisa juga karena Anda baru pertama kali melakukan persalinan maka waktu istirahat itu ditiadakan. Waktu yang diberikan ini ditujukan pada bayi Anda agar dapat turun sendiri melewati jalan lahir. Anda pun dapat menghemat energi untuk melakukan dorongan.

Ketika sedang berlangsungnya akan ada kontraksi di setiap tahap dan Anda diminta untuk menarik napas dan diminta untuk menahannya. Anda akan diminta untuk mengencangkan otot perut dan menekan ke bawah dengan tekanan sekuat mungkin. Perawat atau bidan akan menghitung sampai 10. Anda akan merasakan seperti buang air besar saat melakukan tahap ini.

Anda akan diminta mengulangnya kembali yang tujuannya untuk mendapatkan 3 dorongan di setiap kontraksi yang terjadi. Anda juga terhindar dari sobekan alat kelamin. Anda akan diarahkan untuk berhenti mendorong saat bayi sudah mulai terlihat yaitu ketika kepala bagian atas bayi sudah di alat kelamin Anda.

2. Teknik Spontan

Teknik mengejan spontan merupakan cara mengejan yang Anda lakukan mengikuti instruksi alami dari dalam tubuh. Biasanya bidan akan menunggu untuk Anda melakukan teknik mengejan spontan ini karena prosesnya akan secara alami mengikuti gaya dari dalam tubuh.

Namun tidak semua orang dapat melakukan teknik spontan ini karena cenderung berisiko bagi Anda dan bayi karena harus menunggu. Anda yang dapat melakukan teknik ini cenderung terlebih dahulu tidak akan melakukan tarik napas dalam-dalam. Tahap ini terjadi dengan Anda yang menghembuskan napas sambil mendorong dan tiba-tiba menahan napas.

Pada teknik mengejan ini Anda akan diminta untuk berkonsentrasi merasakan bayi melewati ruang di dalam alat kelamin. Anda akan merasakan bayi sudah berada cukup dekat untuk keluar. Bahkan teknik spontan dalam mengejan ini tidak Anda rasakan sehingga perawat atau bidan yang nantinya akan melihat kondisi bayi Anda.

Apapun teknik mengejan yang akan Anda lakukan nanti saat persalinan normal tetap sama-sama membutuhkan stamina yang stabil. Anda harus mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tubuh dan juga bayi di dalam kandungan. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi susu khusus ibu hamil yang bisa didapatkan di Jakarta great online sale dengan produk yang berkualitas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *